Chery Pasok Platform Exeed ke Jaguar Land Rover

Chery Exeed XR 2024, platform yang bakal dipakai JLR. (Exeed)

JAKARTA, AVOLTA – Jaguar Land Rover (JLR) berkomitmen untuk ikut meramaikan pasar elektrifikasi di industri otomotif global. Pabrikan asal Inggris ini kabarnya akan berkolaborasi dengan Chery dalam mengembangkan mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV), khususnya dalam penggunaan platform.

Mengutip media lokal Cina, 36kr.com, Jumat (19/4/2024), kolaborasi ini menjadikan Jaguar Land Rover sebagai produsen mobil mewah pertama yang mengadopsi platform Chery, dan kemitraan ini hampir mencapai finalisasi.

Rencananya, di masa depan JLR akan membangun model baru menggunakan platform teknologi hybrid dan full listrik (all-electric) dari merek Exeed milik Chery.

Chery Exeed RX.

Tentunya langkah ini dilakukan seiring tingginya minat sejumlah pabrikan asing untuk memanfaatkan teknologi produsen mobil asal Cina dalam memasuki pasar kendaraan listrik.

Perlu diketahui, JLR yang dimiliki Tata Motors India memiliki usaha patungan dengan Chery di Cina, dengan masing-masing memiliki 50 % saham.

Periode 2010-2017, penjualan JLR di Cina meningkat dari 26.100 hingga 146.000 unit. Namun pada 2023, jumlah tersebut turun menjadi 106.400 unit.

CATEGORIES
TAGS