BYD dan Geely Saingan Bikin PHEV Paling Irit

BYD Song Plus EV, salah satu mobil listrik tersedia di Cina. (BYD)

JAKARTA, AVOLTA – Dua merek otomotif asal Cina, BYD dan Geely tengah berlomba mengembangkan model plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) paling irit dengan jarak tempuh terjauh.

Melansir Carscoops, BYD tengah diketahui akan menghadirkan mobil hybrid pada 2025, dengan memanfaatkan teknologi generasi sebelumnya yang menampilkan mesin, motor dan baterai berkapasitas lebih tinggi dibandingkan model yang ada saat ini.

Sedangkan untuk Geely, menghadirkan mobil hybrid yang diproduksi berdasarkan powertrain yang digunakan pada sedan Galaxy L6 yang diklaim mampu menempuh jarak 1.370 km.

Segmen hybrid memang saat ini tengah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dengan kondisi tersebut, dua perusahaan Tiongkok ini berkeinginan untuk memproduksi kendaraan yang bisa mencapai jarak tempuh 2.000 km, sebelum pemilik atau pengemudi melakukan isi ulang baterai dari sumber listrik.

Bahkan, dua pabrikan ini telah menjalani uji rentang jarak tempuh kendaraan hybrid yang mengesankan.

Geely mengklaim mobil hybridnya yang berbentuk sedan, mampu melibas jarak tempuh sejauh 2.000 km, dengan memadukan mesin empat silinder 1,5 liter yang dikombinasikan dengan transmisi dual-hybrid tiga percepatan, dengan motor listrik, dan baterai lithium-ion 19,1 kW.

Sementara BYD, mengatakan model PHEV miliknya akan dibangun berdasarkan teknologi yang sudah ada dan sistem barunya akan diluncurkan pada 2025.

CATEGORIES
TAGS