Toyota Lego Saham Denso Demi Kembangkan EV

Denso Corp. signage sits on display during the North American International Auto Show (NAIAS) in Detroit, Michigan, U.S., Photographer: Jeff Kowalsky/Bloomberg

TOKYO, AVOLTA – Toyota Motor dan dua afiliasinya akan menjual sekitar 10% saham dari Perusahaan pembuat komponen Denso, dengan nilai 4,7 miliar dollar AS. Langkah tersebut dilakukan untuk mendapatkan dana segar dalam mengembangkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Berdasarkan sumber yang mengetahui rencana itu, penjualan saham Denso akan menandai langkah terbaru produsen mobil terlaris di dunia itu untuk menguangkan saham di grup perusahaan seiring dengan peningkatan produksi kendaraan listrik.

Peningkatan produksi mobil listrik merupakan upaya padat modal yang membutuhkan pendanaan untuk penelitian dan pengembangan serta perombakan lantai pabrik.

“Toyota, Toyota Industries dan Aisin akan menjual saham Denso senilai total sekitar 700 miliar yen (4,7 miliar dolar AS) dengan harga pasar saat ini,” kata sumber tersebut seperti dilansir Reuters, Sabtu (2/12/2023).

Setelah terjual, maka porsi penjualan Toyota Motor akan kurang sekitar 10%, dan Toyota Industries serta Aisin akan mengambil sisanya. Denso, pemasok utama Toyota, adalah pembuat komponen otomotif terbesar kedua di dunia.

Toyota Motor yang masih menguasai 24,2 % persen saham Denso pada akhir September 2023, diperkirakan akan tetap menjadi pemegang saham utama. Pembeli saham tersebut diperkirakan sebagian besar adalah investor domestik Jepang, dan harganya belum ditentukan.

CATEGORIES
TAGS