INDY Jadi Distributor Bus Listrik Hyundai di Indonesia

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai resmi menggandeng INVI, anak perusahaan PT Indika Energy Tbk (INDY) untuk menjadi distributor bus listrik asal Korea Selatan tersebut. Rencananya, ada dua model bus listrik yang bakal meluncur, yaitu Hyundai Elec City Bus yang berukuran besar (12 meter) dan Hyundai Contry EV yang berukuran sedang (8 meter).

Bus listrik Hyundai tersebut, akan diluncurkan pertama kalinya di Indonesia untuk pasar ASEAN, menyusul negara tetangga lainnya.

Indonesia sendiri terpilih sebagai pasar ASEAN pertama, karena dianggap cocok untuk memperkenalkan keunggulan bus listrik Hyundai ini.

Young Tack Lee, Presiden Hyundai Motor ASEAN HQ mengatakan pihaknya akan memanfaatkan pengalaman dan perkembangan yang telah dicapai di Indonesia. Ia mengungkapkan target berikutnya adalah Malaysia dan Singapura.

“Perluasan selanjutnya akan dilakukan di Filipina, mempertimbangkan potensi pasar besar dan peluang yang menjanjikan,” kata Young Tack Lee seperti dikutip dalam keterangan resmi, ditulis Senin (4/12/2023).

Sejak 2017, Hyundai telah memimpin industri transportasi umum dengan lebih dari 2.500 penjualan bus listrik dan 400 bus Fuel Cell Electric Vehicles (FCEV) di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa mereka memiliki kapabilitas untuk menyediakan transportasi umum ramah lingkungan.

Kolaborasi ini tidak hanya terbatas pada penyediaan bus untuk industri, melainkan bertujuan untuk memberikan layanan komprehensif, mengakomodasi generasi saat ini di Indonesia, dan mendorong lingkungan berkelanjutan untuk transportasi publik generasi masa depan. INVI bertujuan untuk menyediakan solusi menyeluruh dan menciptakan ekosistem EV yang mulus dengan mengembangkan Stasiun Pengisian Daya Listrik (SPLU) sendiri.

Selain itu, Hyundai dan INVI bersiap untuk meluncurkan model kendaraan listrik komersial lainnya dalam waktu dekat.

CATEGORIES
TAGS