Honda Investasi Rp 52,3 Triliun untuk Motor Listrik

Motor listrik Honda EM1 e: di GIIAS 2023. (AHM)

TOKYO, AVOLTA – Honda menyiapkan investasi sebesar US$ 3,4 miliar atau setara Rp 52,3 triliun untuk bisnis motor listrik pada 2030. Pabrikan berlambang sayap mengepak ini, berencana untuk menghadirkan 30 model roda dua ramah lingkungan untuk pasar global pada 2030.

Disitat dari Bloomberg, Rabu (29/11/2023), disebutkan juga jika pabrik motor listrik jenama asal Jepang ini akan mulai beroperasi pada 2027.

Di satu sisi, dengan adanya teknologi untuk produksi motor listrik juga mengurangi sekitar 40% dari panjang jalur perakitan untuk produksi motor bensin.

“Kami bertujuan untuk menjual sepeda motor listrik dengan harga yang sama dengan model ICE,” ujar Kepala Divisi Pengembangan Elektrifikasi Sepeda Motor Honda, Daiki Mihara.

Daiki juga mengatakan, terdapat kemungkinan juga untuk pembangunan fasilitas produksi baru yang terletak di India dan juga Asia Tenggara. Kedua wilayah ini menjadi sasaran perluasan pangsa pasar Honda.

Selain itu, Honda sendiri juga telah menaikan target penjualan per tahun dari sebelumnyua 3,5 juta unit menjadi 4 juta unit.

Sementara itu, bisnis sepeda motor juga ditargetkan mencapai keuntungan usaha lebih dari 10% pada 2030, dan 5% untuk motor listrik.

CATEGORIES
TAGS