Cina dan Thailand Bangun Pabrik Motor Listrik di Cirebon

Indonesia Kerja Sama dengan Cina dan Thailand Produksi Kendaraan Listrik (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah Indonesia, melalui Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mendukung kerja sama antara PT Powerspark Green Energy, dan dua perusahaan asal Cina dan Thailand untuk pembuatan kendaraan listrik (EV) di Tanah Air. Kedua perusahaan tersebut, adalah Zhong An-Thai Engineering Company Limited serta Takuni Group Public Company Limited.

Dengan kerja sama tersebut, bakal dibuat pabrik kendaraan listrik di lahan seluas 30 hektar, di Cirebon, Jawa Barat.

“Kerja sama ini merupakan salah satu dukungan merealisasikan target Presiden Joko Widodo yang mencanangkan pada tahun 2030 nanti Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri 2,45 juta unit motor listrik,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet, dalam keterangan resmi, Selasa (28/11/2023).

Sementara itu, Bamsoet juga mengatakan, sebagai dukungan terhadap langkah presiden terkait target motor listrik di Indonesia pada 2025 bisa menembus 2 juta unit, dan pada 2030 mencapai 13 juta unit.

Pernyataan tersebut, disampaikan usai menyaksikan penandatanganan MoU antara ketiga perusahaan di Bangkok, Thailand.

Sementara itu, turut hadir dalam pertemuan terkait, adalah Presiden Direktur PT Powerspark Green Energy Richard Christoforus, Direktur Takuni Group Public Company Limited Chatchai Payuhanaveechai, dan Direktur Zhong An-Thai Engineering Company Limited Zoang Da Xue.

Bamsoet juga menjelaskan, investasi pengembangan EV di Indonesia merupakan langkah tepat. Terlebih, Indonesia memiliki potensi nikel yang besar, sehingga mendukung penuh pengembangan industri EV.

CATEGORIES
TAGS