Yamaha Gandeng CFMoto Garap Pasar Cina

Ilustrasi Yamaha kerja sama dengan CF Moto untuk garap pasar China (YIMM)

BEIJING, AVOLTA – Yamaha dan pabrikan motor asal Cina, CFMoto resmi kerja sama untuk mendirikan perusahaan baru, CF Yamaha Motor Co..,Ltd (ZCYM). Kemitraan ini, akan fokus untuk menghasilkan sepeda motor untuk pasar Cina,  kolaborasi dimulai November 2023.

Berdasarkan keterangan resmi dari CFMoto, kedua perusahaan menjalin kerja sama, setelah CFMoto (Zhejiang CFMoto Power Co., Ltd) menggantikan Chongqing Jianshe Mechanical and Electric Co., Ltd.

Sebelumnya, pabrikan berlambang garpu tala ini memang sudah terlebih dahulu masuk ke pasar Cina dengan menggandeng Jianshe sejak 1992. Jianche sendiri, disebut berpengalaman untuk memproduksi sepeda motor dan skuter berkapasitas kecil atau 125cc.

Sementara itu, untuk produk hasil kerja sama Yamaha dan CFMoto memang belum diketahui secara detail. Namun, kemungkinan besar, dua perusahaan ini akan membangun sepeda motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar, karena CFMoto sendiri sudah menjalin kerja sama dengan KTM.

Dalam usaha patungan ini, CFMOto memegang saham mayoritas sebesar 50%. Yamaha sendiri menguasai saham 44,23%, dan Tair Yea Limited mendapatkan saham 5,77%.

Kerja sama ini akan berpusat di Kota Zhuzhou, Provinsi Hunan Tiongkok dengan jumlah karyawan untuk sementara mencapai 500 orang.

CATEGORIES
TAGS