Tushek Aeon, Hypercar EV Slovenia Bertenaga 2.500 Tk

Tushek Aeon, Hypercar Listrik Buas Bertenaga 2.500 Tk (Carbuzz)

JAKARTA, AVOLTA – Produsen mobil Slovenia, Tushek resmi meluncurkan Aeon sebagai model performa tinggi terbaru. Mobil ini, dirancang untuk menjadi raja di segmen hypercar.

Disitat dari Carbuzz, Aeon akan memiliki dua pilihan mesin, yaitu V8 plug-in hybrid electric (PHEV) dan versi listrik penuh.

Model V8 PHEV akan memiliki tenaga sebesar 1.930 tk dengan tetap mempertahankan bobot 1.480 kg atau seringan Volkswagen Golf modern. Tushek juga mengklaim, model ini memiliki rasio power to weight yang luar biasa, sebesar 1,3:1.

Sedangkan versi listrik murni, akan memiliki rasio power to weight yang lebih tinggi, yaitu 1,7:1. Hal tersebut dimungkinkan karenan powertrain mobil bertenaga baterai ini, mampu menghasilkan tenaga sebesar 2.500 tk dengan bobot hanya di bawah 1.600 kg.

Sementara itu, jalan untuk mendominasi pasar hypercar memang tidak mudah, karena harus bersaing dengan model seperti Lotus Evija dan Rimac Nevera.

Bahkan, model yang disebutkan terakhir memegang rekor sebagai kendaraan listrik produksi tercepat di Nurrburgring, mengalahkan Tesma Model S Plaid, dengan waktu 20 detik.

Terdapat juga Zenvo Aurora, salah satu peserta terbaru dalam kategori hypercar, dengan mesin V12 paling bertenaga diu dunia. Mobil ini, ditenagai dengan mesin 12-pot quad-turbo 6,6 liter, yang mampu menghasilkan tenaga gabungan sebesar 1.850 tk.

 

CATEGORIES
TAGS