Suzuki Pasok OEM Parts ke Motor Baru Malaysia

JAKARTA, AVOLTA – Malaysia memiliki merek motor lokal baru, yaitu AFAZ yang bakal dirilis oleh KMSB pada semester pertama tahun 2024. Menariknya, berbagai komponen original equipment manufacturer (OEM) urusan mesin hingga sebagian komponen akan dipasok oleh Suzuki.

Berdasarkan keterangan resmi Suzuki, Selasa (19/9/2023) KMSB Motors merupakan perusahaan kelompok dari AFY Mobility Industries. Perusahaan ini merupakan pemegang saham tunggal Suzuki Malaysia, yang memproduksi dan menjual sepeda motor merek Suzuki di Malaysia.

Hasil kerjasama ini menjadikan Suzuki memasok mesin dan komponen bodi kepada merek baru AFAZ. Komponen dan jantung pacu yang digunakan, yaitu motor 110 cc hingga 150 cc.

“Selain penjualan sepeda motor, Suzuki ingin berkontribusi terhadap perluasan dan kemakmuran pasar dan industri sepeda motor Malaysia melalui penyediaan suku cadang ke KMSB,” tutur Suzuki President Toshihiro Suzuki.

Kerjasama antara KMSB Motors dan Suzuki ditandatangani oleh KMSB President Faez Yahaya dan Suzuki President Toshihiro Suzuki, pada 15 September 2024, di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Malaysian Prime Minister Dato’ Seri Anwar Bin Ibrahim.

Inisiatif ini merupakan langkah signifikan dalam mendorong industri otomotif roda-dua di Malaysia, yang mencakup penjualan 718.000 sepeda motor pada tahun 2022.

Secara langsung, inisiatif ini akan berkontribusi pada peningkatan keahlian manufaktur lokal, meningkatkan rantai pasokan vendor, merangsang pertumbuhan tenaga kerja, mengembangkan program industri dan teknologi berbasis keterampilan yang tentunya akan berdampak besar bagi bangsa.

Perlu diketahui, AFAZ akan memimpin inovasi dan desain dalam industri motor dengan keahlian Research, Development, Commercialization & Innovation (RDCI) lokalnya. Fokus utamanya, yaitu kualitas, performa, dan inovasi.

CATEGORIES
TAGS