Spesifikasi Lengkap Toyota Hilux Hidrogen

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Hilux hidrogen dikembangkan melalui sebuah konsorsium yang pendanaannya didukung pemerintah Inggris. Proyek ini diinisiasi sejak 2022 lalu sebagai hasil studi TMUK, Toyota Motor Europe, dan beberapa mitra lainnya.

Model ini merupakan bentuk dari strategi multi-pathway Toyota yang menyediakan berbagai pilihan teknologi untuk mencapai netralitas karbon.

Menyoal spesifikasi, jantung pacunya dikembangkan menggunakan komponen yang berasal dari sistem fuel cell generasi kedua, yang telah dipakai Toyota Mirai.

Terdapat tiga tangki penyimpanan yang terbuat dari plastik komposit serat karbon. Secara total bisa menampung 141 liter hidrogen.

Selain itu, dibekali baterai lithium-ion 1,2 kW untuk menampung daya, lalu motor penggerak bertenaga 179 dk dan torsi 300 Nm. Dalam sekali pengisian penuh, daya jelajahnya mencapai 587 kilometer.

Sistem kerjanya, Oksigen dari luar mobil masuk ke fuel cell unit. Pada saat bersamaan, sistem juga menyuplai hidrogen (H2) ke komponen yang sama.

Baik hidrogen dan oksigen kemudian dikombinasikan melalui membran polimer elektrolit yang memiliki kutub anoda dan katoda. Hidrogen dialirkan melalui anoda, untuk memecah molekul hidrogen menjadi elektron serta ion hidrogen.

Aliran elektron pada membran tadi menghasilkan listrik. Sementara itu ion hidrogen tadi akan bereaksi dengan oksigen melalui katoda dan menghasilkan H20 atau uap air sebagai emisi. Daya listrik yang dihasilkan sebelumnya, langsung dialirkan oleh fuel cell stack langsung ke motor listrik untuk menggerakkan roda.

CATEGORIES
TAGS