Erdogan Lobi Elon Musk untuk Bangun Pabrik Tesla

JAKARTA, AVOLTA – Sejumlah negara meminta kepada petinggi Tesla, Elon Musk untuk melakukan investasi di negaranya. Terbaru, giliran Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta agar produsen mobil listrik terkemuka di dunia itu membangun pabrik ketujuh di negaranya.

Melansir laman Anadolu, Rabu (20/9/2023) Musk pun memberi sinyal positif, bahkan Ia mengatakan kepada Erdogan bahwa negaranya adalah salah satu kandidat paling penting untuk pabrik baru Tesla.

Bahkan, dalam pertemuan di rumah Turki di New York, Erdogan disebut sangat menjamu hangat Musk dan melakukan banyak pembahasan, termasuk investasi pabrik mobil listrik.

Perlu diketahui, Tesla saat ini memiliki enam pabrik, termasuk dua di luar Amerika Serikat (AS). Satu di Shanghai yang berfokus pada pasar Asia dan yang kedua berfokus pada penjualan Eropa di dekat Berlin.

Tesla juga disebut sedang membangun pabrik di Meksiko. Tesla pun memiliki rencana tentatif untuk membangun pabrik di India.

Upaya lobi seperti Erdogan juga telah dilakukan Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang bertemu Musk pada bulan Juni. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez juga berupaya membujuk Erdogan di pertemuan keduanya.

CATEGORIES
TAGS