Jokowi Klaim Indonesia Punya Semua Komponen EV

Jokowi Pastikan Insentif untuk Sepeda Motor Listrik Bakal Disahkan Duluan (AHM)

Jokowi Pastikan Insentif untuk Sepeda Motor Listrik Bakal Disahkan Duluan (AHM)

JAKARTA, AVOLTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih ngotot kalau Indonesia bisa menjadi pemain besar dalam industri mobil listrik dunia. Bukan tanpa alasan, menurut dia semua komponen mentah mobil listril/electric vehicle (EV) ada di Tanah Air.

Berkat itu, kata Jokowi Indonesia bisa membangun ekosistem kendaraan listrik yang besar di dalam negeri, sehingga negara ini memiliki produk yang sangat dibutuhkan negara lain.

“Nikel kita punya, tembaga kita memiliki, timah kita memiliki. Semua komponen yang dibutuhkan mobil listrik itu ada di Indonesia,” tutur Jokowi dalam Pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah Tahun 2023 belum lama ini.

Jokowi menilai sekarang ini Indonesia hrus mengintegrasikan hilirisasi industri nikel yang berada di Pulau Sulawesi dengan industri tembaga di Sumbawa dan Papua, serta bauksit di Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau.

“Semuanya bisa diintegrasikan jadi barang namanya EV battery dan ekosistem yang lebih besar lagi menjadi mobil listrik yang ke depan semua negara akan membutuhkan,” ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, hilirisasi sumber daya alam menjadi salah satu upaya menjadikan Indonesia negara maju. Dengan demikian, bisa menjadikan Indonesia dilirik dan dicari oleh negara-negara maju lain.

“Taiwan dan Korea Selatan kenapa bisa melompat maju, karena memiliki produk yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar. Korea Selatan memiliki yang namanya digital component yang semua membutuhkan itu. Taiwan memproduksi cip,” ujar Jokowi.

CATEGORIES
TAGS