3 Merek dari Jepang, Cina, dan Eropa Siap Bangun Pabrik EV

Ilustrasi pabrik Honda (Reuters)

JAKARTA,  AVOLTA – Industri otomotif Indonesia masih cukup seksi bagi produsen otomotif dunia. Bahkan, Kementerian Perindustrian telah memberikan informasi perihal 3 merek yang siap berinvestasi membangun pabrik kendaraan listrik (EV) di Tanah Air.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan, ketiga produsen tersebut berasal dari Jepang, Cina, dan Eropa.

“Saya pribadi sudah menerima beberapa calon investor untuk mobil dari Eropa, China, dan Jepang,” kata Taufiek saat ditemui di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo, Jakarta Pusat, Senin 920/2/2023).

Namun, Taufik belum bisa memberikan detail terkait profil tiga calon investor mobil listrik di Indonesia ini. Tapi yang pasti, salah satu dari calon investor tersebut akan melakukan pembanguan pabrik tahun ini, dan mulai produksi pada 2024.

“Tahun ini bangun (pabrik), produksi tahun 2024. Brand Eropa itu dan semuanya listrik. Tapi saya belum bisa katakan, kalau diomongin nanti orangnya malah tidak jadi,” ucap Taufik.

Sebelumnya, pada tahun lalu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengabarkan, Ford (Amerika Serikat) dan Volkswagen alias VW (Jerman) bakal menaruh investasi untuk industri mobil listrik di Indonesia.

“Kemarin VW juga sudah melakukan kunjungan, dan di sana akan berproduksi tapi bukan sekarang, sekarang masa konsturksi mungkin produksinya 2024-2025 karena itu bagian dari hilirisasi,” kata Bahlil beberapa waktu lalu.

CATEGORIES
TAGS