Pabrik Hyundai dan Kia Dicurigai Eksploitasi Anak Bawah Umur

JAKARTA, AVOLTA – Penyelidikan pabrik Hyundai dan Kia di Amerika Serikat (AS) terus berlangsung. Informasi terbaru menyebut bahwa telah ditemukan ada pabrik yang telah mempekerjakan anak di bawah umur dan jelas itu telah melanggar aturan yang berlaku di negara tersebut.

Melansir laman Reuters, Senin (19/12/2022), laporan ivestigasi lanjutan dilakukan karena ada indikasi pekerja anak di bawah umur pada perusahaan pemasok Hyundai dan Kia. Agen kepegawaian disebut menempatkan imigran di sejumlah pabrik di mana undang-undang melarang keras anak-anak bekerja.

Bahkan kini kasus ini sudah masuk dalam tahap penyelidikan oleh otoritas negara bagian dan federal.

Setidaknya empat pemasok utama Hyundai dan Kia ditemukan telah mempekerjakan pekerja anak di pabrik Alabama dalam beberapa tahun terakhir. Otoritas setempat sedang menyelidiki apakah anak-anak telah bekerja di seluruh rantai pasokan pembuat mobil di negara bagian Amerika Selatan itu.

Bahkan di pabrik milik Hwashin America Corp, pemasok untuk dua merek mobil di kota Greenville, Alabama selatan, seorang gadis Guatemala berusia 14 tahun bekerja pada Mei ini merakit komponen bodi mobil, menurut wawancara dengan ayahnya dan petugas penegak hukum.

Selanjutnya, di pabrik milik produsen suku cadang mobil Korea Ajin Industrial Co, di kota Cusseta, Alabama timur, seorang mantan insinyur produksi mengatakan kepada Reuters bahwa dia bekerja dengan setidaknya 10 anak di bawah umur. Enam mantan karyawan Ajin lainnya mengatakan mereka juga bekerja bersama beberapa pekerja di bawah umur.

Dalam dua pernyataan terpisah yang dikirim oleh firma hubungan masyarakat yang sama, Hwashin dan Ajin mengatakan kebijakan telah melarang mempekerjakan pekerja anak di bawah umur.

Pekerjaan anak-anak di Hwashin dan Ajin belum pernah dilaporkan sebelumnya. Berita tersebut mengikuti laporan Reuters pada bulan Juli 2022 yang mengungkapkan penggunaan pekerja anak, salah satunya berusia 12 tahun, oleh Smart Alabama LLC, anak perusahaan Hyundai di kota Luverne, Alabama selatan.

CATEGORIES
TAGS