Baterai Baru Bikin Daya Jelajah Mobil Listrik BMW Makin Jauh

Desain baterai pada BMW Ix, mobil listrik baru. (BMW)

JAKARTA, AVOLTA – Produsen otomotif terus mengembangkan inovasi kendaraan listrik, termasuk BMW yang tengah melakukan penyempurnaan sel baterai lithium. Dalam pengembangan ini menjadikan daya jelajah mobil listrik BMW semakin jauh 30 persen.

Salah satu petinggi sekaligus perwakilan BMW Simon Erhard seperti dilansir laman Carscoops, Senin (5/12/2022) BMW mengembanhgkan baterai gen 6 berbentuk silinder di BMW Group Battery Cell Center of Excellence di Munich, Jerman.

Bentuk sel akan memungkinkan BMW untuk membuang sel prismatik yang saat ini dikonfigurasikan dalam modul yang dibaut bersama untuk membuat paket dan memungkinkan desain sel ke paket baru untuk diadopsi.

“Dengan gen 6, kami mengintegrasikan sel baterai berbentuk silinder langsung ke dalam kendaraan,” ungkap Simon Erhard.

Menurut dia, desain baru ini akan memungkinkan baterai dipasang langsung ke rangka mobil sehingga bisa lebih efektif.

Langkah tersebut diklaim tidak hanya meningkatkan kekuatan sasis dan kualitas mobil, tapi juga akan berkontribusi pada penghematan biasa sebesar 50 persen juga akan memakan waktu 30 persen lebih sedikit daripada model kendaraan listrik BMW lain.

Simon melanjutkan, baterai baru tersebut nantinya juga akan menggunakan lebih banyak nikel dan silikon serta menggunakan lebih sedikit kobalt. BMW memilih menggunakan kobalt, nikel dan litium daur ulang serta memproduksi sel menggunakan energi terbarukan.

CATEGORIES
TAGS