Uji Tabrak Mobil Listrik Toyota bZ4X Diganjar Bintang Lima

Toyota bZ4X diuji tabrak Euro NCAP dapat rating bintang lima (Euro NCAP)

JAKARTA, AVOLTA – Hasil uji tabrak yang dilakukan oleh European New Car Assessment Program (Euro NCAP) untuk Toyota bZ4X mendapatkan rating maksimum bintang lima. Mobil dari pabrikan Jepang tersebut, merupakan satu dari 15 yang diuji oleh Euro NCAP yang semuanya mendapatkan nilai tertinggi.

Toyota bZ4X yang diuji, adalah model produksi 2022, dengan bentuk SUV 5 pintu, dan berat 2.060 kg, dan diklasifikasikan sebagai small off-road vehicle.

Dalam keterangan resmi di website Euro NCAP, untuk perlindungan penumpang dewasa bZ4X sebesar 88%, perlindungan penumpang anak kecil 87%, perlindungan pejalan kaki 79%, dan fitur bantuan keselamatan 91%.

Sementara itu, Euro NCAP sendiri hanya menguji bZ4X, namun untuk raihan bintang lima ternyata juga diberikan oleh saudara kembarnya, Subaru Solterra.

Selain bZ4X dan Subaru Solterra, model lain yang juga mendapatkan rating maksimal dalam pengujian tersebut, adalah Tesla Model S, Nio ET7, DS 9, Hyundai Ioniq 6, Honda Civic, Toyota Corolla Cross, Nissan Ariya, Nissan X-Trail, Renault Austral, Land Rover Range Rover, Range Rover Sport, Smart #1 dan Wey Coffee 02.

“Para produsen ingin mencapai nilai bagus dalam tes tahun ini, karena protokol tahun depan menjadi lebih ketat dan memberi tantangan lebih untuk pengembangan kendaraan,” ujar Secretary General Euro NCAP, Michiel van Ratingen, dalam keterangan resmi, Jumat (18/11/2022).

CATEGORIES
TAGS