Kapolri Mulai Pakai Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 sebagai kendaraan dinas Kapolri (ist)

JAKARTA, AVOLTA – Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo sudah menggunakan kendaraan dinas listrik selama operasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) di Bali.

Mobil listrik tersebut, yaitu Hyundai Ioniq 5 yang disiapkan khusus dengan identitas kepolisian.

Bahkan, menurut penjelasan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo, nantinya mobil listrik tersebut bakal dipakai Kapolri sebagai kendaraan dinas listrik ketika bertugas di Mabes Polri.

“Informasinya digunakan (di Mabes Polri) juga nantinya, dimulai dari acara KTT G20 dulu,” ungkap Dedi belum lama ini di Bali.

Bukan hanya itu, bahkan untuk di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) juga Kapolri sudah menyiapkan kendaraan dinas listrik, mengingat di wilayah tersebut akan menerapkan konsep ramah lingkungan sehingga tidak bisa menggunakan kendaraan bermesin konvesional.

Apabila dilihat, banyak perbedaan pada Ioniq 5 yang dipakai Kapolri ini jika dibandingkan dengan versi yang dijual umum untuk konsumen. Paling mendasar, yakni warna mobil dinas berkelir hitam doff, kemudian bagian lampu depan terlihat ada LED berwarna oranye.

Selanjutnya, pelat nomor yang digunakan terdapat logo Polri dan tulisan 1-00. Pada bagian atas terdapat pelat lain dengan tanda empat bintang.

Namun belum diketahui basis varian Ioniq 5 yang digunakan Jenderal Polisi itu, mengingat model ini memiliki beberapa tipe yang berkaitan kemampuan baterai.

CATEGORIES
TAGS