Hyundai N Vision 74, Mobil Retro Futuristik Bertenaga Hidrogen

Hyundai N Vision 74 berteknologi mesin hidrogen. (Hyundai)

JAKARTA, AVOLTA – Hyundai pamer mobil konsep N Vision 74 di Los Angeles Auto Show 2022, Amerika Serikat (AS). Model tersebut memiliki tampilan retro-futuristik yang dibekali dengan tenaga hidrogen.

Mobil purwarupa ini sekilas mirip mobil DeLorean DMC-12 yang populer di film “Back to The Future” dengan bintang Michael J Fox. Tapi sebenarnya, Konsep N Vision 74 ini terinspirasi dari Hyundai Pony Coupe yang dirancang oleh Giorgetto Giugiaro untuk pameran mobil musim 1974.

Tampilannya retro dengan bodi boxy, tapi Hyundai menyebut konsep baru ini sebagai visi ke masa depan mobil elektrifikasi untuk sub-brand N.

Berdasarkan keterangan resmi, Sabtu (19/11/2022) konsep N Vision 74 merupakan kendaraan listrik sel bahan bakar (fuel cell) yang menggunakan hidrogen di bagian depan untuk mengisi baterai 62,4 kWh yang dipasang di bagian bawah mobil.

Detail mobil balap hidrogen, masih berstatus konsep Hyundai N Vision 74. (hyundai)

Penempatan baterai di bagian bawah mobil dimaksudkan untuk menurunkan pusat gravitasinya. Tentunya semua terhubung ke motor independen yang dipasang di belakang yang dapat menghasilkan total 670 hp dan torsi 900 Nm.

Selanjutnya, motor beroperasi secara independen satu sama lain untuk mendistribusikan tenaga ke bagian roda mobil yang paling membutuhkannya. Perbedaan daya dapat diatur untuk tugas mengemudi tertentu, seperti mengemudi di trek atau, bahkan untuk drifting.

Sistem pengisian baterai dapat dilakukan menggunakan port pengisian kendaraan listrik konvensional maupun dengan hidrogen. Pada dasarnya berfungsi sebagai generator 85 kW, dan tangkinya dapat diisi ulang hanya dalam lima menit.

Perlu diketahui, mobil konsep ini pertama kali diluncurkan pada Juli 2022 dan merupakan bagian dari apa yang disebut sebagai “laboratorium bergulir” dari eksperimen teknologi. Konsep ini merupakan tindak lanjut dari N 2025 Vision Gran Turismo bertenaga hidrogen yang diluncurkan pada 2015.

CATEGORIES
TAGS