Gaikindo Optimistis Subsidi Mobil Listrik Dongkrak Penjualan 2023  

Kia EV6 (Ist)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah tengah menyiapkan subsidi untuk masyarakat yang membeli kendaraan listrik. Meski belum putus, tapi estimasi besaran insentif yang diberikan, yaitu Rp 80 juta untuk mobil listrik, Rp 40 juta mobil hybrid, dan Rp 8 juta buat sepeda motor listrik.

Tujuan pemerintah memberikan subsidi tersebut, yaitu untuk menggairahkan industri kendaraan listrik di Indonesia. Dengan begitu, harapannya tahun depan lebih banyak lagi yang membeli mobil listrik, hybrid, dan motor listrik.

Menanggapi kebijakan itu, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi merasa lebih optimistis kalau penjualan mobil listrik akan semakin meningkat dengan pemberian subsidi dari pemerintah yang akan dimulai tahun depan.

“Ini akan mendongkrak penjualan mobil listrik atau berbasis hybrid di Indonesia,” ungkap Nangoi seperti dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (20/12/2022).

Meski begitu, Nangoi belum mau menjelaskan berapa kenaikan penjualan mobil baru tahun depan dengan adanya subsidi mobil listrik dari pemerintah. Dia cuma mengatakan, bahwa tahun depan akan jauh lebih baik.

“Saya lihat dulu pergerakannya, saya lihat dulu sampai tutup tahun ini, Baru kita lihat bagaimana dampaknya pada penjualan mobil listrik tahun depan,” ujar Nangoi.

Menurut Nangoi, terdapat sejumlah dampak positif dari rencana pemberian subsidi tersebut. Misal, kata dia beban pemerintah untuk subsidi bahan bakar minyak akan berkurang apabila banyak masyarakat beralih ke mobil listrik.

CATEGORIES
TAGS