Mercy Belum Sanggup Hadirkan Mobil Dinas Listrik Jokowi

 

JAKARTA, AVOLTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong percepatan elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia, bahkan belum lama ini mengeluarkan Inpres Nomor 7 Tahun 2022 soal penggunaan kendaraan listrik di lingkungan pemerintah daerah dan pusat.

Merujuk pada kebijakan yang dibuat Jokowi jelas nanti mobil dinas kepresidenan juga akan mengggunakan mobil listrik. Namun, sekarang ini mobil listrik Mercedes-Benz yang dijual di Indonesia dianggap belum memenuhi spesifikasi untuk kendaraan dinas presiden Jokowi.

Perlu diketahui sekarang ini Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard sebagai mobil dinas yang sudah digunakan beberapa tahun terakhir.

Menurut Deputy Director Sales and Marketing PT MBDI Hari Arifianto mengatakan, perseroan ingin menghadirkan mobil listrik sebagai kendaraan dinas Presiden Indonesia. Tapi sekarang ini mobil listrik yang tersedia belum memenuhi standard keamanan kendaraan presiden, termasuk EQ-series.

“Mobil dinas presiden kan ada requirement khusus. Saat ini, mobil listrik belum ada yang memenuhi standar itu,” tutur Hari mengutip laman detik.com, ditulis Senin (19/12/2022).

Mercedes-Benz S600 Guard, mobil presiden Jokiwi (ist)

Lantas apabila dalam beberapa waktu ke depan produsen otomotif asal Jerman itu belum punya mobil listrik dengan spek tinggi apakah kendaraan dinas Jokowi akan berganti merek?

Perlu diketahui sekarang ini produsen otomotif yang menjual mobil listrik di Indonesia belum banyak. Contoh Hyundai menjual Ioniq 5, Toyota bZ4X, Lexus UX 300e, Wuling Air ev, dan Kia EV6.

Merek mewah Hyundai, Genesis juga belum resmi dijual di Indonesia karena hanya pada KTT G20 saja Hyundai memboyong Genesis G80 Electrified untuk digunakan para tamu penting negara termasuk petinggi negara yang datang ke Bali pada Novemver 2022.

Mengacu pada lembar spesifikasi, dapur pacu Genesis G80 Special Edition Long-Wheelbase serupa dengan varian normal yaitu dibekali baterai lithium-ion 87,2 kWh yang mampu menghembuskan tenaga maksimum sebesar 272 kW (370 PS).

Mobil listrik mewah ini, dapat mencapai kecepatan maksimum 225 Kpj dengan jarak tempuh hingga 500 Kilometer dalam sekali pengisian.

Namun, ada beberapa aspek yang berbeda dari Genesis G80 biasa, yaitu wheelbase-nya yang lebih panjang 217 Mm. Sehingga panjang keseluruhan mobil 5.222 Mm dengan jarak antar sumbu roda alias wheelbase 3.227 Mm dan lebar keseluruhan 1.925 Mm.

CATEGORIES
TAGS