Generasi Baru Toyota Prius Bisa Dijual di Indonesia?

Generasi baru Toyota Prius pakai aksesori Modelista. (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Motor Corp (TMC) resmi meluncurkan Prius generasi terbaru, di Jepang. Mobil ramah lingkungan ini, hadir dengan status makin canggih, dengan dua pilihan teknologi hibrida, yaitu seri paralel Hybrid (HEV) dan seri plug-in hybrid (PHEV).

Berdasarkan keterangan resmi, model HEV akan dirilis musim dingin 2022, dan seri PHEV menyusul, pada musim semi 2023. Lalu, apakah model ini berkesempatan juga untuk bisa dijual di Indonesia?

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, untuk saat ini pengenalan mobil plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) seperti Toyota Prius belum sesuai untuk Indonesia.

Meskipun, sejatinya Toyota Prius pernah dijual di Tanah Air dalam jumlah terbatas. Namun, seluruh penjualan model tersebut, memang ditujukan untuk pasar fleet alias borongan.

Salah satu model modifikasi Modelista sudah punya paket bodykit untuk Toyota Prius. 2023. (Toyota)

“Komitmen kami melalui multi pathway itu ada BEV dan PHEV, ditambah lagi ada hybrid yang akan segera meluncur. Yang plug-in hybrid (Prius) nanti kita akan sampaikan pada waktunya,” ujar Anton, seperti disitat dari Liputan6.com, Sabtu (19/11/2022).

Sementara itu, Anton juga menjelaskan, melalu perkembangan infrastruktur dan konsep Multi Pathway milik Toyota, Prius mungkin saja ke depannya bisa dijual ke masyarakat umum.

Toyota Prius yang disebut sebagai Hybrid Reborn ini mewarisi siluet monoform khas Prius, namun hadir kembali dengan proporsi yang lebih bergaya.

Sektor jantung pacu, model PHEV dibekali mesin Dynamic Force Engine 2.000 cc yang dikawinkan dengan baterai Lithium-ion sehingga diklaim mampu menghasilkan tenaga 223 Tk. Akselerasi dari 0 hingga 100 Km per jam dapat dituntaskan dalam waktu 6,7 detik.

Toyota Prius GR (toyota)

Keunggulan lainnya, yaitu diklaim mampu menempuh jarak tempuh sekitar 50 persen lebih jauh dari model sebelumnya. Tentunya hal tersebut berat peningkatan pada kinerja baterai, Prius baru ini dapat beroperasi pada mode EV saja untuk penggunaan sehari-hari.

CATEGORIES
TAGS