Hyundai Kembangkan Robot Otonom untuk Kebakaran Mobil Listrik

JAKARTA, AVOLTA – Kebakaran mobil listrik kini sudah menjadi kekhawatiran banyak pihak di berbagai negara. Banyak pabrikan kendaraan dunia, kini mulai mencari solusi, untuk bagaimana meredam masalah tersebut, dan salah satunya yang dilakukan Hyundai Motor Group.

Disitat dari Yonhap, raksasa otomotif asal Korea Selatan ini, berencana untuk bermitra dengan Badan Pemadam Kemabakaran nasional Korea Selatan, untuk merancang robot otonom sebagai pemadam kebakaran mobil listrik, akhir 2024.

,”Rencananya, akan digunakan mulai 2026 (robot otonom pemadam kebakaran mobil listrik),” ungkap manajemen Hyundai.

Hyundai sendiri, memang telah menyampaikan komitmennya untuk menyediakan peralatan pemadam kebakaran kepada pemerintah Negeri Ginseng, melalui Kementerian Perdagangan, Industri, dan energi Korea Selatan pada Agustus 2024 lalu.

Badan Pemadam Kebakaran Korea Selatan sendiri, mengajukan ide untuk mengembangkan pemadam kebakaran mobil listrik menggunakan platform kendaraan otonom multiguna, Hyundai rotem. Alat tersebut, nantinya akan dilengkapai meriam air, serta peningkatan ketahanan panas.

Kemudian, setelah melakukan diskusi dan demonstrasi menggunakan platform tersebut, baik Hyundai dan Badan Pemadam Kebakaran Korea Selatan bersepakat untuk kolaborasi untuk mengembangkan robot pemadam kebakaran, untuk menurunkan kekhawatiran para pemilik mobil listrik di negara tersebut.

CATEGORIES
TAGS