GM dan CATL Bikin Baterai EV dengan Cas Super Cepat

 

JAKARTA, AVOLTA – Perusahaan patungan SAIC-GM (General Motors) menggandeng CATL untuk mengembangkan baterai mobil listrik dengan cas super cepat (ultra fast charging) 6C di Tiongkok.

Disitat dari Carnewschina, sebuah dokumen dari perusahaan (GM) menyebutkan, baterai canggih ini akan menggunakan materaial lithium iron phosphate, dan jadi baterai dengan pengisian super cepat 6C pertama di industri kendaraan listrik.

Selain itu, baterai ini juga mampu menempuh jarak tempuh hingga 200 km hanya dalam waktu pengisian lima menit.

Sementara itu, adapun arti C adalah singkatan dari laju pengisian daya, yang dihitung dengan membagi arus pengisian daya (A) dengan kapasitas terukur baterai (Ah), di mana semakin tinggi laju pengisian daya maka semakin cepat baterai dapat diisi daya atau dikosongkan.

Paling menarik dari baterai ini, tentunya adalah penggunaan lithium iron phosphate, yang dinilai lebih aman dari baterai jenis NMC, dan juga lebih murah.

Saat ini, Zeekr sendiri sudah mengklaim memiliki baterai yang disebut golden brick yang diklaim memiliki waktu pengisian tercepat. Versi kedua dari baterai tersbeut, memiliki pengisian 5,5C, yang memungkinkan baterai terisi dari 10%  hingga 80% SoC dalam 10,5 menit.

CATEGORIES
TAGS