Besok AS Resmi Naikkan Tarif Impor EV Cina

Ekspor mobil jadi salah satu komoditi Cina. (Chinadaily)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah Amerika Serikat (AS) terhitung 27 September 2024 mulai menaikkan tarif impor atas barang, termasuk kendaraan listrik (electric vehicle/EV) dan semikonduktor asal Cina hingga 100%.

Melansir Reuters, Kamis (26/92/2024) kenaikan tarif sampai empat kali lipat dari sebelumnya ini disampaikan perwakilan perdagangan AS Katherine Tai. Langkah tersebut bertujuan untuk membela para pekerja dan dunia usaha Amerika dalam menghadapi praktik perdagangan yang tidak adil.

Detailnya, bea masuk naik menjadi 100 persen untuk kendaraan listrik, 50% pada sel surya, dan 25% pada baterai kendaraan listrik, baja, aluminium, masker wajah dan beberapa produk lainnya.

Berbeda dengan komponen lain, kenaikan tarif semikonduktor sebesar 50% akan berlaku mulai tahun depan. Retribusi sejumlah produk lainnya, seperti baterai kendaraan non-listrik, sarung tangan medis, dan magnet permanen, akan dinaikkan secara bertahap selama dua tahun ke depan.

“Kenaikan tarif akhir hari ini akan menyasar kebijakan dan praktik berbahaya di Republik Rakyat China yang terus berdampak pada pekerja dan bisnis Amerika,” ujar Katherine.

CATEGORIES
TAGS