Norwegia Cetak Sejarah, Populasi EV Kalahkan Mobil Bensin

OSLO, AVOLTA – Norwegia mengukir sejarah dalam industri otomotif, yaitu berhasil menjadi negara pertama di dunia yang populasi kendaraan listrik (electric vehicle/EV)-nya lebih besar ketimbang mobil berbahan bakar bensin.

Mengutip laman dari The Guardian, Senin (23/9/2024), total dari 2,8 juta mobil pribadi yang terdaftar, lebih dari 754.000 unit adalah mobil listrik. Jumlah ini sedikit lebih banyak ketimbang mobil berbahan bakar bensin yang hanya mencapai 753.000 unit sampai pertengahan 2024 ini.

Meski demikian, jumlah EV bukan lebih banyak karena mobil diesel masih menjadi yang terbanyak di Norwegia, dengan jumlah mendekati 1 juta unit. Akan tetapi, trennya terus mengalami penurunan atau tergerus oleh kendaraan listrik.

Menurut  Direktur Federasi Jalan Raya Norwegia (OFV) Øyvind Solberg Thorsen, pencapaian ini merupakan sejarah dan tonggak penting bagi perjalanan Norwegia menuju elektrifikasi transportasi. Bahkan Norwegia sudah berada di jalur yang tepat untuk menjadi negara pertama di dunia dengan armada mobil penumpang yang didominasi oleh mobil listrik.

“Elektrifikasi mobil penumpang berjalan dengan cepat. Norwegia juga dengan cepat bergerak menuju menjadi negara pertama di dunia dengan mobil penumpang yang didominasi oleh mobil listrik,” ujar Øyvind.

Penting untuk diketahui, kunci sukses Norwegia terkait mobil listrik ini adalah soal kebijakan insentif yang kuat dari pemerintah. Pemerintah Norwegia menawarkan potongan pajak yang besar untuk kendaraan listrik, sehingga membuat harganya lebih kompetitif dibandingkan mobil bensin.

CATEGORIES
TAGS