Upaya Pemerintah Jerman Selamatkan VW dari Krisis

WOLFSBURG, AVOLTA – Volkswagen (VW) dikabarkan lagi mengalami krisis yang berdampak akan menutup pabrik dan melakukan PHK kepada 15.000 karyawan. Faktor tersebut karena dalam beberapa tahun terakhir, laba dari pabrikan asal Jerman ini terus menurun karena daya saing semakin ketat di pasar.

Melansir AFP, Senin (23/9/2024), Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck mengatakan, pemerintah ingin mendukung dan membantu perusahaan itu untuk menghindari penutupan pabrik. Akan tetapi bukan cuma-cuma, karena VW harus menyelesaikan sebagian besar permasalahannya sendiri.

“Sebagian besar tugas harus diselesaikan oleh Volkswagen sendiri,” ucap Habeck saat mengunjungi pabrik VW di Emden, Barat Laut Jerman, Jumat (20/9/2024).

Meskipun demikian, menurut Habeck pemerintah dapat membantu sektor otomotif dengan mengirimkan sinyal pasar yang tepat, meskipun tidak menyebutkan kemungkinan bantuan negara untuk Volkswagen secara spesifik.

Habeck mengatakan, pentingnya upaya meningkatkan permintaan untuk kendaraan listrik, dengan mengatakan bahwa kendaraan listrik merupakan masa depan di industri otomotif dunia.

Menurut dia, penjualan mobil listrik di Jerman telah menurun tajam pada 2024, setelah pemerintah menghentikan subsidi. Alhasil, memberikan pukulan besar bagi para produsen mobil yang telah berinvestasi besar dalam transisi ke energi terbarukan.

CATEGORIES
TAGS