Cina Mulai Melarang EV Parkir di Basement

SHANGHAI, AVOLTA – Kebakaran kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di salah satu basement gedung di Korea Selatan, beberapa waktu lalu dijadikan pelajaran oleh banyak pihak, termasuk di negara lain. Terbaru, pengelola sejumlah hotel dan perkantoran di Cina menerapkan larangan mobil listrik parkir di ruang bawah tanah.

Melansir laman Drive, Rabu (18/9/2024) keputusan untuk melarang mobil listrik di beberapa area parkir bawah tanah, karena ada laporan 11 kejadian kebakaran kendaraan listrik di Hangzhou, ibu kota Zhejiang, pada April dan Mei 2024.

“Berdasarkan karakteristik kebakaran kendaraan listrik dan kemampuan pemadaman kebakaran hotel kami, kami pikir akan lebih aman untuk tidak mengizinkan mereka masuk ke garasi bawah tanah,” ujar seorang manajer keamanan hotel bintang lima di Hangzhou yang tidak mau identitasnya disebutkan kepada media lokal Cina.

Sementara itu, Xu Gang, seorang mekanik mobil yang bekerja di Hangzhou, menyampaikan bahwa ada banyak kasus kendaraan listrik terbakar secara spontan atau menyebabkan kebakaran besar dalam kejadian tabrakan dan kecelakaan.

“Banyak tempat parkir bawah tanah yang dirancang dengan langit-langit rendah, yang berarti mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk ke dalam,” ujar Xu kepada Radio Free Asia, media massa lokal Cina.

CATEGORIES
TAGS