Cina Berhasil Jual 1 Juta Unit Kendaraan Listrik per Bulan

Industri otomotif di Cina (Carnewschina)

JAKARTA, AVOLTA – Cina benar-benar jadi pasar terbesar otomotif dunia, khususnya di segmen kendaraan listrik. Bahkan, negara tersebut, menjadi yang pertama secara global, yang mampu menjual sebanyak lebih dari satu juta unit kendaraan listrik per bulan.

Disitat dari Carscoops, pertumbuhan kendaraan listrik di Cina, pada Agustus 2024 melonjak hingga 33% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, kekhawatiran terkait penurunan pasar kendaraan listrik di Eropa, justru tak memiliki efek di Cina. Sedangkan pasar kendaraan listrik di Uni Eropa dan Inggris, mencatatkan penjualan hingga minus 4%.

Sementara itu, meskipun permintaan kendaraan listrik di Tiongkok terus meningkat, hal itu tidak menggambarkan gambaran lengkap pasar kendaraan penumpang di Tiongkok.

Pada Agustus 2024, data dari Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok (CPCA) menunjukkan bahwa penjualan keseluruhan semua jenis mesin telah turun sebesar 1,1%, menjadi 1,92 juta unit.

Menurut laporan dari Reuters, penjualan Kendaraan Energi Baru (NEV), yang mencakup model bertenaga listrik dan plug-in hybrid, dibantu oleh subsidi bagi pengemudi yang menukar kendaraan yang lebih berpolusi.

Penjualan NEV di Tiongkok sendiri, meningkat sebesar 43,2% hingga mencapai rekor 53,5 persen dari total volume mobil penumpang.

Tapi, karena banyak di antaranya merupakan hasil tukar tambah, angka-angka tersebut mencerminkan menurunnya kepercayaan konsumen, dengan lebih sedikit pembeli mobil pertama yang dilaporkan.

CATEGORIES
TAGS