Mercy EQS 580 Catat Rekor Dunia Baru Daya Jelajah EV

MUMBAI, AVOLTA – Rekor Guinness World Records untuk daya jelajah mobil listrik (electric vehicle/EV) terjauh terpecahkan, setelah sebelumnya dipegang Ford Mustang Mach E, kini digantikan oleh Mercedes-Benz EQS 580.

Sedan listrik asal Jerman yang diujicoba oleh tim Autocar India ini berhasil menempuh jarak 949 kilometer (km) untuk sekali pengecasan, yaitu dari Bengaluru ke Navi Mumbai. Rekor sebelumnya, yaitu Mustang Mach E hanya mencapai 916,73 km.

Berdasarkan data di atas kertas, EQS 580 memiliki daya jelajah 857 km sekali pengisian baterai. Akan tetapi hasil yang diujicoba melebihi 10 persen dari klaim Mercedes-Benz.

Selama pengujian, tim Autocar India berjalan dengan kecepatan rata-rata 50-60 kpj di jalan tol, dan memanfaatkan gaya berkendara tiga level regenerative braking dan hanya menggunakan rem jika kondisinya darurat.

Konsumsi daya listrik EQS 580 saat dikendarai dari start sampai finis mencapai 8,8 kilometer per kWh.

Perlu diketahui, EQS 580 merupakan sedan yang dibekali baterai 107,8 kWh. Sedan listrik ini dipilih karena memiliki daya jelajah  terjauh dan aerodinamikanya optimal dengan koefisien drag hanya 0,2.

CATEGORIES
TAGS