Toyota Fortuner Facelift Meluncur, Kini Punya Radar TSS

JAKARTA, AVOLTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan model terbaru dari salah satu SUV andalannya, new Fortuner. Pesaing berat dari Mitsubishi Pajero Sport ini, datang dengan mendapatkan beberapa ubahan, baik dari eksterior maupun teknologi canggihnya.

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM mengatakan, terdapat tiga poin utama dari pengembangan new Fortuner ini untuk pasar Indonesia.

“Pertama adalah eksterior, dengan hampir seluruh jajaran model anyar ini mendapatkan gaya yang lebih sporty,” jelas Henry, saat konferensi pers peluncuran new Toyota Fortuner, Jumat (7/9/2024).

Khusus untuk varian 4×4, tampilannya memang masih dibalut dengan desain yang sporty. Bumper depan dan gril dibuat minimalis, tapi tetap agresif dengan bumper belakang juga mendapatkan ubahan.

Sedangkan untuk varian 4×2 mendapatkan bumper depan, bumper belakang, gril dan pelek yang baru.

“Kedua, untuk varian GR Sport khusus tipe 4×4 mendapatkan GR spesial tunning suspensi, dengan kombinasi handling dan performa mesin terbaik di kelasnya sehingga lebih fun to drive dan stabil saat digunakan di berbagai medan,” tambah Henry.

Penyegaran ketiga, tentunya model ini sudah dibekali dengan radar Toyota Safety Sense, meliputi pre-collision system, dynamic radar cruise control, lane departure alert, rear cross traffic alert dan blind spot monitor.

Kemudian, new Toyota Fortuner juga mengadopsi teknologi T Intouch yang tidak hanya hadir ebagai Out-of-Connectivity, namun juga In-Car-Connectivity.

Terdapat In-Car Connectivity lewat melalui in-car WiFi Hotspot berbasis jaringan 4G Telkomsel yang tersedia secara gratis untuk periode 3 bulan pertama secara terbatas khusus bagi pemilik New Fortuner.

Berbicara jantung penggerak, model ini masih mempertahankan mesin sebelumnya, yaitu unit diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc VNT Intercooler menghasilkan tenaga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Toyota masih mempertahankan varian mesin 2.7 berkode 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi 24,7 Kgm pada 4.000 rpm. Transmisinya sama dengan milik 1GD dan 2GD yang ditandai dengan rasio transmisi otomatis 6-speed Sport Sequential Switchmatic.

Menyoal harga, new Fortuner dibanderol mulai Rp 573 juta sampai Rp 663 jutaan untuk varian 4×2 dan Rp 742 juta sampai Rp 761 jutaan untuk varian 4×4.

CATEGORIES
TAGS