MG Segera Rilis Mobil Listrik Baterai Solid-State

SHANGHAI, AVOLTA – Sejumlah pabrikan otomotif khususnya yang bermain di segmen elektrifikasi, perlahan mulai beralih menggunakan baterai jenis solid-state. Terbaru, yakni  Morris Garage (MG) berkomitmen untuk segera merilis mobil listrik dengan teknologi baterai terbaru.

Melansir Carnewschina, Sabtu (7/9/2024) Executive Deputy General Manager SAIC Yu Jingmin, menjelaskan, bahwa baterai solid-state yang dikembangkan sendiri oleh SAIC akan dipasang pertama kali pada mobil listrik MG di masa depan.

Jingmin bahkan menegaskan, mobil listrik tersebut akan dirilis pada kuartal kedua 2025 mendatang. Tentunya dengan teknologi terbaru itu, baterai bakal memiliki dimensi kecil, tapi memiliki kapasitas yang besar, bahkan sampai ada pabrikan yang mengklaim daya jelajahnya lebih dari 1.000 km.

Perbedaan utama antara baterai solid-state dan jenis baterai yang ada saat ini, yakni elektrolit dalam baterai solid-state adalah padat, sedangkan pada baterai saat ini adalah cair.

Perlu diketahui, sejumlah perusahaan di Cina telah membuat pernyataan mengenai baterai solid-state. Akan tetapi sampai sekarang belum ada yang berhasil memproduksi unit solid-state yang tersedia secara komersial.

CATEGORIES
TAGS