Mimpi Besar Gaikindo di GIIAS 2024

Toyota Innova Zenix di GIIAS 2023. (TAM)

TANGERANG, AVOLTA – Penjualan mobil baru di Indonesia dalam enam bulan pertama tahun 2024 belum menunjukkan hasil yang positif. Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya di periode yang sama, anjlok 19 %.

Kondisi ini tentunya tidak terlepas dari berbagai faktor, seperti pemilihan umum di awal tahun 2024, hingga situasi ekonomi yang belum stabil pasca-pandemi Covid-19. Maka dari itu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menggantungkan harapan besar pada pameran GIIAS 2024.

Pameran otomotif tahunan ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan mobil baru secara nasional. Sebab, di GIIAS 2024 ini banyak model baru dan merek baru meluncur yang bisa menstimulus pasar.

“Namun kita sampai saat ini belum duduk bersama untuk membahas revisi target. Jadi masih tetap (1,1 juta unit),” ujar Kukuh Kumara, Sekertaris Jenderal Gaikindo di GIIAS 2024, ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/7/2024).

Kukuh mengatakan, kondisi pasar pasa semester kedua tahun 2024 ini sudah lebih bagus dibandingkan dengan semester pertama. Pameran GIIAS 2024 diharapkan asosiasi bisa meneruskan tren positif ini agar penjualan bisa sesuai target.

“Pasar kalau dilihat secara year on year emang turun tetapi kondisinya sekarang mulai membaik. Mudah-mudahan adanya GIIAS 2024, kehadiran mobil baru, tren ini semakin positif,” lanjut dia.

“Jadi sampai sejauh ini kita masih optimis kalau penjualan sampai akhir tahun 2024 ini bisa mencapai 1,1 juta unit,” kata Kukuh.

CATEGORIES
TAGS