Pabrik di AS Ditunda, VinFast Malah Bikin di Subang

VinFast Perdana Kirim 999 Unit Mobil Listrik ke Amerika Serikat (Reuters)

JAKARTA, AVOLTA – VinFast kembali menunda peresmian pabrik di North Calorina, Amerika Serikat (AS) sampai 2028. Alasannya, karena produsen asal Vietnam ini telah membuat keputusan strategis untuk menyesuaikan jadwal peluncuran fasilitas di wilayah ini.

Chairwoman of VinFast Board Directors Madam Thuy Le menjelaskan, perusahaan telah mengambil langkah dengan sangat hati-hati dan disesuaikan dengan tantangan jangka pendek serta mempertimbangkan sepenuhnya apa yang akan terjadi ke depannya di wilayah tersebut.

“Strategi jangka panjang kami yang kuat dan kemampuan eksekusi yang telah terbukti menempatkan kami dalam posisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan pasar kendaraan listrik global yang dinamis,” ujar Thuy Le dikutip laman InsideEVs, Rabu (17/7/2024).

Rencananya,  pabrik tersebut akan digunakan untuk memproduksi SUV listrik VinFast VF9 tiga baris dan SUV listrik VinFast VF8 lima kursi, buat pasar AS.

Penundaan ini merupakan kali kedua, karena sebelumnya sempat diundur sampai 2025, dan sekarang diundur lagi hingga 2028.

Awalnya, pabrik ini akan menciptakan 7.500 lapangan pekerjaan dan diharapkan memiliki kapasitas tahunan memproduksi hingga 150.000 EV per tahun.

Lain dengan AS, VinFast justru melakukan peresmian pembangunan pabrik di Indonesia, tepatnya di Subang, Jawa Barat, Senin (15/7/2024). Fasilitas ini memilki kapasitas produksi 50.000 unit per tahun.

CATEGORIES
TAGS