VinFast Mulai Bangun Pabrik EV Indonesia, Investasi Rp 3,2 T

JAKARTA, AVOLTA – VinFast Auto secara resmi memulai pembangunan pabrik perakitan kendaraan listrik pertamanya di Indonesia. Hal tersebut, ditandai dengan peletakan batu pertama di fasilitas yang terletak di Subang, Jawa Barat.

Langkah strategis ini, menegaskan komitmen pabrikan asal Vietnam tersebut untuk memperluas kehadirannya dan mendukung industri kendaraan listrik yang sedang berkembang di Tanah Air.

Pabrik yang berlokasi di kawasan industri yang tengah berkembang di Subang ini, dibangun dengan investasi awal sekitar US$ 200 juta atau setara Rp 3,23 triliun. Pabrik VinFast sendiri, akan beroperasi dengan kapasitas produksi tahunan sebanyak 50.000 unit kendaraan dan mencakup beberapa area produksi utama seperti Body Shop, General Assembly Shop, Paint Shop dan area pengujian, dan lain-lain.

VinFast menjadwalkan pabrik ini mulai beroperasi pada kuartal keempat 2025, dan akan memproduksi model e-SUV versi kemudi kanan, termasuk seri VF 3, VF 5, VF 6, dan VF 7 untuk pasar Indonesia.

VinFast VF 5 (VinFast)

Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Moeldoko mengatakan, kehadiran VinFast tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, tetapi juga akan membuka peluang kerja baru serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Pemerintah Indonesia sangat mendorong investasi asing masuk ke negara kita, khususnya di sektor industri otomotif. Kami percaya bahwa kehadiran VinFast akan membawa inovasi teknologi dan transfer pengetahuan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional,” ujar Moeldoko, di Subang, Jawa Barat, ditulis Selasa 16/7/2024).

Sementara itu, Temmy Wiradjaja, CEO VinFast Indonesia mengatakan, acara peletakan batu pertama ini diselenggarakan hanya beberapa bulan setalah perusahaannya resmi hadir di Indonesia, dan hal tersebut menegaskan ekspansi strategis dan daya saing VinFast di Asia Tenggara.

Tidak hanya itu, pembangunan pabrik VinFast ini sekaligus menandai tonggak penting dalam strategi perusahaan, untuk menjadi pemain terkemuka di salah satu pasar kendaraan listrik paling menjanjikan di wilayah ini.

“Proyek ini menunjukkan komitmen jangka panjang VinFast kepada Indonesia, mendongkrak sektor kendaraan listrik, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” tukasnya.

CATEGORIES
TAGS