BYD Mau Bangun Pabrik EV di Peru

Suasana produksi mobil listrik di pabrik BYD Hungaria. (BYD)

JAKARTA, AVOLTA – Build Your Dream (BYD) melanjutkan ekspansi ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Amerika Serikat (AS). Informasi terbaru, pabrikan asal Cina ini bakal membuka pabrik perakitan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Peru.

Melansir media lokal Peru, Andina, Sabtu (13/7/2024) kabar itu diungkapkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Peru Javier González-Olaechea. Menurut dia, mendirikan fasilitas manufaktur BYD akan memanfaatkan kolaborasi strategis Cina-Peru di sekitar Pelabuhan Chancay.

Perlu diketahui bahwa hubungan Cina dan Peru sedang mesra setelah Presiden Peru Dina Ercilia Boluarte Zegarra mengunjungi Tiongkok pada Juni 2024. Dalam kesempatan tersebut juga membuat janji dengan BYD dan Huawei. 

González Olaechea menyebutkan bahwa Shenzhen merupakan pusat teknologi digital terpenting di Chuna. Menurut dia, BYD menyampaikan kemungkinan untuk mendirikan pabrik perakitan di Peru, serta di dua negara Amerika Latin lainnya.

“Dalam hal ini yang ada hanyalah sambutan yang baik, pernyataan yang sangat menjanjikan, beberapa sangat spesifik mengenai fakta bahwa langkah selanjutnya akan diambil sehubungan dengan peningkatan investasi yang sudah ada atau dari perusahaan yang akan memulai kegiatan prospeksinya untuk mengevaluasi dan, tentunya lakukan lebih banyak investasi di Peru,” ujar dia.

CATEGORIES
TAGS