Chery Ekspansi ke Italia, Mulai Jualan Omoda 5

MILAN, AVOLTA – Chery menjadi salah satu pabrikan otomotif asal Cina yang memperluas pasarnya di Eropa. Belum lama ini resmi masuk Italia dan model pertama yang dijual, yaitu Omoda 5 dengan banderol 27.900 euro atau setara dengan Rp490,7 juta.

Melansir Reuters, Kamis (11/7/2024) Omoda 5 versi EV akan mulai tersedia pada bulan September 2024. Selanjutnya akhir tahun akan menawarkan SUV Jaecoo 7 dalam versi bensin dan plug-in hybrid (PHEV).

Menariknya lagi, Chery berkomitmen akan terus berkembang di wilayah regional dan bakal memasuki lebih dari 60 pasar terbaru secara global dalam tiga tahun ke depan. Langkah ini tentunya tidak terhalang oleh blok Uni Eropa terhadap produk EV Cina.

Bahkan, pada April 2024, pabrikan berbasis di Wuhu ini telah mengakuisisi pabrik bekas Nissan di Barcelona, Spanyol sebagai fasilitas perakitan pertamanya di Eropa.

Pabrik tersebut akan menjadi salah satu pusat ekspor untuk pasar Eropa dengan kapasitas 150.000 unit per tahun pada 2029 mendatang. Chery tidak sendiri melainkan berkolaborasi dengan EV Motors yang mengucurkan dana investasi senilai 400 juta euro dan akan mempekerjakan hingga 1.250 tenaga kerja.

Selain itu, Chery juga berencana memulai produksinya pada akhir musim panas mendatang dan akan berinisiatif mempekerjakan sebanyak 150 mantan tenaga kerja Nissan.

CATEGORIES
TAGS