Suzuki Gantung Produksi Swift hingga Jimny

Suzuki EVX Concept, calon mobil listrik masa depan. (Suzuki)

LONDON, AVOLTA – Suzuki berkomitmen untuk fokus memasarkan produk elektrifikasi khusus di pasar Inggris dan Uni Eropa. Langkah yang akan dilakukan, yaitu menghentikan produksi model andalan, seperti Swift, Jimny, Ignis, dan Swace di pasar tersebut, setidaknya mulai 2025 mendatang.

Mengutip Carscoops, Senin (1/7/2024), keputusan ini diambil usai upaya Uni Eropa dan Inggris terus mendorong para produsen otomotif untuk beralih ke mobil listrik, sekaligus memperketat standar emisi. Mau tidak mau, Suzuki pun harus menyesuaikan starategi agar bisa eksis di pasar tersebut.

Khusus pasar Inggris dan Uni Eropa, Suzuki akan menjual produk yang berfokus pada teknologi hybrid seperti tersemat pada model Swift, Vitara, S-Cross, dan Across PHEV. Bahkan, mobil listrik pertama Suzuki akan hadir 2025 dan diikuti oleh kendaraan listrik lain, hingga 2030 mendatang.

“Keluarnya model-model ini akan memberikan ruang bagi kendaraan listrik dan memungkinkan kami untuk bersaing dalam periode di mana rasio penjualan produk hybrid dan kendaraan listrik akan mendorong bisnis kami,” kata juru bicara Suzuki Dale Wyatt.

Wyatt menjelaskan, perusahaan sekarang ini akan fokus pada pengembangan EV yang dimulai pada paruh kedua 2025. Beralih ke elektrifikasi kata dia sangat penting demi keberlangsungan perusahaan di pasar Eropa.

CATEGORIES
TAGS