Tidak Bisa Bersaing, GWM Menyerah di Jerman

Haval Xiaolong Max di Shanghai Auto Show 2023. (carsales)

BERLIN, AVOLTA – Merek otomotif asal Cina banyak yang melakukan ekspansi ke Eropa, salah satunya Great Wall Motors (GWM). Tentunya perusahaan itu memiliki harapan tinggi, yaitu bisa bersaing dan diterima oleh konsumen di Benua Biru.

Akan tetapi perjalanan GWM khususnya di Jerman tidak mulus, karena persaingan di negara tersebut begitu ketat sampai akhirnya penjualannya pun terus mengalami penyusutan.

Mengutip Carscoops, Sabtu (1/6/2024), sampai akhirnya GWM pun menyerah, dan per Agustus 2024 ini menghentikan semua kegiatan termasuk menutup kantor pusat dan melakukan PHK terhadap 100 pekerja.

Pabrikan asal Tiongkok itu mengakui kalau persaingan begitu ketat dan perlu penyesuaian lagi agar bisa lebih baik lagi performanya di Jerman.

Rekam jejak GWM,  pada tahun 2023 berhasil menjual unit sebanyak 316.018 di pasar luar negeri, namun hanya sekitar 6.300 unit yang mampu terjual di pasar Eropa.  Bulan November 2023 juga sudah mengumumkan konsolidasi merek Ora dan Wey menjadi satu unit GWM, dan mengganti nama produknya sesuai dengan tersebut.

Ketika itu, GWM merencanakan ekspansi ke Spanyol, Italia, Portugal, Belgia, Luksemburg, Belanda, Austria, Swiss, Denmark, Islandia, dan Bulgaria pada tahun 2024, dengan melambatnya respon dari konsumen, rencana tersebut telah dibatalkan.

Meski begitu, GWM akan tetap menghormati perjanjian kemitraan yang telah terjalin di Jerman , Inggris, Irlandia, dan Swedia. Penutupan kantor di Eropa berarti manajemen keseluruhan sekarang akan dilakukan langsung dari kantor pusat Baoding di Tiongkok.

CATEGORIES
TAGS