Volvo Lagi Bikin Casan Mobil Listrik Nirkabel

Volvo Cars tests new wireless charging technology. (VOLVO)

GOTHENBURG, AVOLTA – Volvo selalu unggul dalam menghadirkan teknologi di industri otomotif. Menyambut era elektrifikasi, produsen asal Swedia ini lagi mengembangkan casan mobil listrik nirkabel alias tanpa kabel.

Berdasarkan keterangan resmi, Kamis (18/4/2024), pengembangan ini sudah berjalan selama 3 tahun dan kini masih terus diuji agar bisa memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

Proyek ini Volvo bekerjasama dengan Perusahaan taksi Caboline, di mana mobil listrik XC40 Recharge dijadikan taksi umum.

Dalam pengujian ini XC40 Recharge ini bisa mengisi daya secara nirkabel di stasiun-stasiun kota Gothenburh, Swedia.

Volvo Cars tests new wireless charging technology

“Zona kota hijau Gothenburg memungkinkan kita mencoba teknologi baru yang menarik di lingkungan nyata dan mengevaluasinya dari waktu untk potensi penerapan yang lebih luas di masa depan,” ujar Mats Moberg, Kepala Penelitian dan Pengembangan Volvo Cars.

Sistem pengecasan daya tanpa kabel ini berfungsi secara otomatis saat mobil yang kompatibel parkir di atas bantalan pengisi daya yang tertanam di jalan.

Perlu diketahui, XC40 Recharge ini memiliki daya pengisian nirkabel lebih dari 40 kW, sehingga menjadikan kecepatan pengisian daya lebih cepat empat kali dari sistem AC berkabel 11 Kw.

CATEGORIES
TAGS