Estimasi Harga Suzuki Jimny 5 Pintu di Indonesia

JAKARTA, AVOLTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah mendaftarkan calon model terbarunya, Jimny 5 pintu. Seperti halnya versi 3 pintu, Jimny sebagai SUV ikonik pabrikan berlambang huruf S ini, juga sudah ditunggu kehadirannya oleh para pecinta otomotif Tanah Air.

Dalam informasi yang terdapat di laman Samsat PKB DKI Jakarta, terdapat mobil dengan kode 6N5VX (4X4) MT NJKB dengan NJKB sebesar Rp 325 juta dan 6N5VX (4X4) AT NJKB Rp 335 juta. Kedua kode tersebut, diyakini merupakan Suzuki Jimny 5 pintu.

Sejatinya, nilai harga NJKB, yaitu nilai dasar kendaraan belum meliputi pajak-pajak kendaraan seperti BBN, PPN, BPKB, STNK dan pelat nomor yang akan jadi dokumen mobil sebelum bisa digunakan di jalan raya.

Harga atau nilai NJKB itu sendiri, akan berbeda dengan harga retail, yang menjadi banderol yang akan dibayar oleh konsumen. Jika dilihat dari Suzuki Jimny 3 pintu yang sudah dipasarkan di Tanah Air, kini memiliki banderol Rp 443,9 juta untuk varian MT dan Rp 457,5 juta untuk AT.

Sedangkan pada dokumen PKB DKI Jakarta, nilai NJKB Suzuki 3 pintu, adalah Rp 303 juta (6 G5VX 4X4 MT) sedangkan AT (6 G5VX 4X4 AT) Rp 312,6 juta. Ada selisih harga Rp 140,9 juta dan Rp144,9 juta dengan harga on the road.

Jika perbedaan harga tersebut diterapkan di Suzuki Jimny 5 pintu, maka bisa jadi model ini akan dibanderol Rp 465 juta untuk MT dan Rp 480 jutaan buat AT. Tapi ingat, perhitungan yang dilakukan tersebut belum tentu benar 100%, tapi bisa dijadikan gambaran banderol Suzuki Jimny 5 pintu jika dijual di Indonesia.

Perlu diingat juga, Suzuki Jimny 3 pintu didatangakan ke Indonesia masih secara impor utuh alias CBU dari Jepang. Sedangkan Suzuki Jimny 5 pintu, CBU dari India.

CATEGORIES
TAGS