Uji Coba Taksi Terbang di IKN Tahun Depan

Ilustrasi desain IKN di Penajam, Kalimantan. (Antara @nyoman_nuarta)

JAKARTA, AVOLTA – Taksi terbang yang direncanakan beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal mulai diuji coba pada 2024. Pengetesan tersebut, akan dilaksanakan sebelum HUT  ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus tahun depan.

Bahkan, untuk melakukan uji coba transportasi masa depan ini, telah disiapkan beberapa landasan terbang, seperti helipad.

“Untuk uji coba taksi terbang dilakukan sebelum HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024,” ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Mohammed Ali Berawi, disitat dari Antara, Kamis (21/9/2023).

Lanjut Ali, selain menyiapkan landasan terbang, juga ada beberapa hal yang saat ini masih dipersiapkan untuk menunjang uji coba taksi terbang ini.

“Kita ini melakukan proof of concept, yakni teknologi harus dibuktikan bahwa keandalan teknologi tersebut bagus,” tambahnya.

Urban Air Mobility dari Hyundai mau tes di IKN pada 2024. (Hyundai Motor)

Taksi terbang ini, rencananya juga akan menggunakan Intelligent Transport System (ITS), mobil elektrik atau kendaraan otonom membawa penumpang ke helipad taksi terbang, dan ini dilakukan hanya menggunakan satu aplikasi.

Sementara itu, untuk moda taksi terbang di IKN memang masih dalam taraf pengembangan, dan ia berharap sumber daya manusi (SDM) Indonesia, bisa menguasai teknologi ini, dan perusahaan nasional yang diajak kerja sama bisa mengembangkan kapasitasnya untuk menguasai teknologi taksi terbang.

“Menurut saya, momentum ini hanya ada melalui pembangunan IKN, dan harus dimanfaatkan. Kita berharap ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk penciptaan, pengembangan, dan ada peningkatan kapasitas SDM Indonesia. Ini yang saya sebut sebagai nilai tambah,” pungkasnya.

CATEGORIES
TAGS