Wuling Pede TKDN Air ev Tembus 60 % di 2024

Wuling Air EV Lite. (IST)

JAKARTA, AVOLTA – Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Wuling Air ev sekarang ini sudah menyentuh 40%. Wuling Motors pun optimistis bisa sesuai dengan apa yang ditargetkan pemerintah, yaitu tembus 80% sampai 2030.

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan, tentunya target tersebut bisa dicapai dengan perlahan. Misal sesuai target pada 2024 TKDN mobil listrik Air ev bisa tembus 60%.

“Kita ikuti dan optimis untuk bisa sejalan dengan roadmap pemerintah. (Sekarang) menuju ke 60% sebenarnya going for it kok,” kata Dian seperti dikutip Kumparan.

Rasa percaya diri Dian itu bukan tanpa alasan, karena sekarang ini jenama asal Cina ini sudah bermitra dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion High-Tech), yang akan melokalisasi baterai lithium iron phosphate (LFP) yang digunakan Air ev.

“Misalnya tahun berapa TKDN harus segini, ya kami dari Wuling pasti ikuti. Sekarang masih 40%, on progress untuk meningkatkan lokalisasi, baterai yang jelas masih on progress,” ungkap Dian.

Untuk diketahui, peningkatan TKDN ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2022, tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Nilai TKDN Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

TKDN kendaraan listrik roda empat hingga 2023 sebesar 40%. Lebih lanjut mulai 2024 sampai 2029 harus meningkat mencapai 60%. Selebihnya mulai 2030 TKDN menjadi 80%.

CATEGORIES
TAGS