Tahun 2025 Toyota Mulai Produksi SUV Listrik di AS

Proses pengecatan bodi Toyota Kijang Innova Zenix di pabrik TMMIN, Karawang. (TMMIN)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota Motor Corporation (TMC) menginformasikan bahwa mulai tahun 2025 akan memproduksi sport utility vehicle (SUV) listrik di pabrik yang berlokasi di Kentucky, Amerika Serikat (AS). Target produksi bulanannya bisa lebih dari 10.000 unit SUV.

Menurut laporan harian bisnis Nikkei yang ditulis Jumat (24/2/2023) Toyota menargetkan penjualan sekitar 1 juta unit kendaraan listrik secara global pada 2026, maka dari itu butuh menambah model SUV listrik yang dipasarkan secara global.

Perusahaan tidak mengungkapkan rincian dari produksi SUV listrik ini. Hanya saja disebutkn bahwa yang akan diproduksi adalah SUV dari ukuran kecil hingga besar untuk memenuhi permintaan global.

Toyota menargetkan penjualan kendaraan listrik akan mencapai sebagian dari total penjualan mereka pada 2025. Rakasasa otomotif asal Jepang ini juga meningkatkan kerja sama dengan mitra produsen baterai di Cina untuk memenuhi permintaan mobil listrik yang terus meningkat.

EVP Toyota Shigeki Terashi mengatakan, bahwa permintaan mobil listrik saat ini meningkat di luar ekspektasi. Bahkan telah melampaui permintaan atas produk yang masih menggunakan bahan bakar minyak.

“Saat kami mengembangkan baterai untuk Prius, kami pikir kami adalah produsen baterai mobil listrik,” ucap Terashi merujuk pada inisiasi awal produksi mobil hybrid.

Selain itu, dia mengatakan bahwa faktor perubahan peraturan emisi yang semakin ketat juga membuat permintaan baterai lithium lebih tinggi dari yang direncanakan Toyota sebelumnya.

CATEGORIES
TAGS