Harga LCGC Makin Jauh dari Murah, Pajaknya Naik Lagi

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah dalam waktu dekat akan menaikkan pajak segmen low cost green car (LCGC) dari 3% menjadi 5%. Otomatis harga mobil murah itu menjadi lebih mahal 2% dari sebelumnya.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Menurut dia, penyesuaian tersebut dilakukan karena sejumlah bahan baku mengalami kenaikan sehingga mempengaruhi biaya produksi.

“Masukkannya banyak dari beragam industri yang memang memproduksi LCGC. Ancer-ancer dari penyesuaian harga LCGC adalah 5%,” ungkap Agus di Karawang belum lama ini.

Agus mengungkapkan, faktor lainnya diakibatkan juga oleh para pabrikan yang memproduksi LCGC meningkatkan fitur sehingga meningkatkan harga jual. Hanya saja, kata dia pemerintah akan mempertimbangkan sebelum resmi menaikkan pajak dari 3% menjadi 5%.

“Paling penting adalah kenaikan tidak boleh lebih dari inflasi dan harus tetap menjaga prinsip penciptaan produk LCGC,” kata Agus.

Meski begitu, kata Agus kenaikan harga ini tidak akan memberatkan masyarakat yang ingin membeli mobil LCGC dan juga tetap bisa memicu pertumbuhan industri otomotif nasional.

CATEGORIES
TAGS