Bamsoet Bilang Harga Kendaraan Listrik Harus Murah

Ketua Umum MPR RI Bambang Soesatyo bersama motor listrik miliknya Bike Smart. (Humas MPR RI)

JAKARTA, AVOLTA – Pemerintah Indonesia sedang melakukan segala upaya agar masyarakat mau berlaih dari kendaraan bermesin konvesional ke listrik. Salah satunya menyiapkan insentif untuk masyarakat yang membeli sepeda motor listrik dan mobil listrik.

Namun menurut Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo langkah tersebut juga harus didukung dengan skema lain agar permintaan kendaraan listrik di Indonesia terus bertumbuh.

Salah satunya, kata pria yang dikenal dengan nama Bamsoet itu, harga kendaraan listrik di Indonesia harus murah.

“Saya lihat industri motor mulai tumbuh, banyak orang yang mulai mencarinya begitu juga mobil listrik. Wuling itu waiting list-nya sangat banyak, yang terpenting bagi kita itu, (mobil listrik) harga terjangkau pasti banyak peminatnya,” ujar Bamsoet belum lama ini di Jakarta.

Menurut Bamsoet, sekarang ini peminat mobil listrik di Indonesia sudah lengkap menyasar semua kalangan mulai level atas hingga menengah ke bawah.

“Pertama Tesla, harganya tinggi peminatnya lumayan banyak di kalangan atas. Terus Hyundai, harga-harga sedang untuk kalangan menengah. Nah sekarang ada Wuling, kalangan entry level Rp 200 juta sampai Rp 300 juta langsung banyak peminatnya, ribuan yang waiting list,” tutur Bamsoet.

Apabila semua pabrikan punya kendaraan listrik yang dijual dengan harga murah maka dia optimistis populasinya di Indonesia akan terus bertambah, apalagi didukung dengan subsidi dari pemerintah.

CATEGORIES
TAGS