Inden Toyota bZ4X Lama Terkendala Suplai Baterai

Toyota bZ4X meluncur di Indonesia, 10 November 2022. (Toyota)

JAKARTA, AVOLTA – Toyota bZ4X merupakan mobil listrik pertama yang dijual PT Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia. Sejak diluncurkan pada November 2022, penerimaan dari masyarakat sangat bagus dan kini sudah dipesan sebanyak 1.300 unit.

Hanya saja konsumen yang melakukan pemesanan tidak bisa mendapatkan unit langsung, melainkan harus menunggu enam bulan sampai satu tahun.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, menjelaskan bahwa saat ini permintaan konsumen terhadap mobil listrik di Indonesia cukup tinggi.

“Jadi permintaanya memang tinggi dibandingkan dengan suplai. Tapi kita mencoba untuk memenuhi semua permintaan,” ujar Anton di Jakarta.

Menurut Anton, semua terjadi bukan lagi karena krisis cip semikonduktor tapi karena pada suplai baterai sehingga produksi menjadi tidak bisa maksimal.

“Sementara permintaan begitu tinggi, jadi nanti kita akan kirimkan unitnya secara bertahap kepada mereka yang sudah melakukan pemesanan,” kata Anton.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengeluhkan bahwa sekarang ini inden mobil listrik di Indonesia lama. Populasinya juga belum banyak, sehingga pemberian insentif akan diutamakan untuk sepeda motor listrik.

CATEGORIES
TAGS